Tuesday 19 April 2016

Pendidikan Kesehatan perlu dimasukan kedalam kurikulum sekolah formal

Pendidikan kesehatan merupakan pendidikan yang berkaitan dengan upaya-upaya untuk memelihara, meningkatkan dan mempertahankan status kesehatan seseorang. Pendidikan kesehatan menjadi sangat penting karena kesehatan merupakan aspek yang paling penting dalam peningkatan kualitas hidup manusia. Manusia akan lebih berarti jika setatus kesehatannya dapat terjaga dengan baik.

Kesadaran akan kesehatan perlu ditingkatkan karna kesehatan erat sekali kaitanya dengan semua elemen pembentuk kehidupan seseorang, dari bangun, tidur sampai bangun lagi kesehatan tetap melekat dalam diri seseorang. Sebagai contoh bila orang sakit tidur pun mereka akan tetap rasakan, apalagi pada saat mereka terbangun. Kesehatan berkaitan erang semua elemen kehidupan dari ekonomi, pendidikan, pemerintahan dan lain-lain. Tidak ada suatu negara yang bisa berhasil tanpa mengutamakan kesehatan penduduknya.

Untuk membangun kesadaran akan kesehatan perlu dilakukan usaha yang keras dan berkelanjutan dan bila perlu di masukan kedalam kurikulum pendidikan formal karna setiap orang harus memahami kesehatan itu secara menyeluruh dan kesehatan itu memiliki standar yang mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Bila pendidikan kesehatan dimasukan dedalam pendidikan formal diyakini masyarakat pasti akan berubah secara signifikan.

Bisa dibayangkan perbedaan antara daerah kota dan desa, kaya dan miskin, apa yang sebenarnya menjadi pembedanya. Buka karna harta tapi pada pendidikan kesehatan, pada kebanyakan orang, orang kaya lebih perhatian dengan kesehatan dari pada orang miskin. Hal itu bukan karna kesehatan itu mahal, akan tetapi karna orang kaya lebih sadar akan nilai kesehatan dari pada orang miskin. Bisa di simpulkan buka uang yang menjadi pembedanya, tapi kesadaran akan kesehatan itulah yang menyebankan perbedaan perilaku dan gaya hidup seseorang.

Bisa dibayangkan apa yang harus dilakukan dengan mudah agar kesadaran akan kesehatan itu dapat didapat secara menyeluruh adalah dengan memasukkan kurikulum pendidikan kesehatan pada kurikulum sekolah. Meski dalam sekolah sudah ada upaya kesehatan tapi tidak semua murid dapat terpapar dengan kegiatan yang dilakukannya. Akan lebih bermanfaat lagi ketika semua orang sadar dan peduli akan kesehatannya.


No comments:

Post a Comment